HET Pupuk Bersubsidi (per kg)

HET Pupuk Bersubsidi ( per Kg)
Urea........: Rp 1.800
SP-36......: Rp 2.000
ZA............: Rp 1.400
NPK.........: Rp 2.300
Organik...: Rp 500

Selasa, 09 Oktober 2012

SEKOLAH LAPANG IKLIM


Pada era sekarang ini sedang terjadi perubahan perilaku iklim secara global. Hal ini terjadi akibat daya “Buffer” bumi terhadap radiasi matahari menurun akibat penggundulan hutan, emisi gas buang, kerusakan laposan ozon dan keusakan alam lainnya. Sekolah Lapang Iklim (SLI) merupakan sekolah yang bersifat teoritis dan praktis di Lapang untuk mempelajari Iklim dan pengaruhnya terhadap pertanian. Diharapkan melalui sekolah lapang ini petani mengerti fenomena alam berbasis Iklim dan Cuaca untuk mengantisipasi pengaruh buruk perubahan iklim dewasa ini.
Di Grogol, SLI dilaksanakan di Desa Kalipang yang merupakan daerah dataran tinggi yang merupakan daerah paling rawan kekeringan. SLI dilaksanakan pada tanggal 24 September sampai 24 Oktober 2012 sebanyak 12 kali yang dilaksanakan setiap hari senin dan rabu. Peserta yang mengikuti SLI adalah pada anggota Petani Pemakai Air atau HIPPA (Himpunan Petani pengguna Air). Sedangkan pemateri adalah Petugas Bidang Pengelolaan Lahan dan Air (PLA) Dinas Pertanian Kabupaten Kediri yang mempunyai kemampuan akademis dan kompeten dibidang Kelembagaan, Iklim dan Pertanian. Sedangkan para pendamping adalah PPL (Prasetyo  Utomo), Mantri Pertanian Grogol (H. Nurkholis) dan Petugas Dinas Pengairan Grogol.
Selain mendapat materi yang bersifat teori dan praktis soal Iklim, peserta juga mendapatpembinaan mengenai kelembagaan HIPPA. Harapannya, selain mampu mengantisipasi iklim dengan cermat dan tepat, peserta juga mampu mengembangkan kelembagaan dengan efektif dan efisien. Hidup Petani......

1 komentar:

  1. Penyuluh Pertanian BPP Grogol sngt mantab... Lanjut aja.....

    BalasHapus