HET Pupuk Bersubsidi (per kg)

HET Pupuk Bersubsidi ( per Kg)
Urea........: Rp 1.800
SP-36......: Rp 2.000
ZA............: Rp 1.400
NPK.........: Rp 2.300
Organik...: Rp 500

Selasa, 17 September 2013

Analisis Pola Konsumsi Pangan di Jawa Timur


Pada tanggal 17-18 September 2013, 3 Penyuluh Pertanian dari Kab Kediri mengikuti Pelatihan Analisis Pola Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan HarapanPada tanggal 17-18 September 2013, 3 Penyuluh Pertanian dari Kab Kediri mengikuti Pelatihan Analisis Pola Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH). Pelatahian tersebut diadakan oleh Badan ketahanan Pangan Prov. Jawa Timur bertempat di Royal Orchid Garden Hotel Batu. 

Pelatihan ini menggembleng Pendamping Kabupaten dan Penyuluh Pendamping KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) untuk mampu menghitung dan menganalisa pola konsumsi rumah tangga KRPL berdasarkan pola pangan harapan.Selain kemampuan di atas, pelajaran penting yang didapat adalah para peserta informasi tentang status pola konsumsi pangan yang sudah diraih saat ini dibanding target pemerintah yaitu skor PPH 95 pada tahun 2015.
Dari data di atas bisa dibaca bahwa pola pangan harapan di Jawa Timur dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tentu ini sebuah prestasi  kita semua. Namun hal yang perlu dicermati adalah tingkat pola pangan harapan di perkotaan secara rata-rata masih lebih tinggi dari pada di desa. Ini menjadi PR tersendiri bagi penyuluh untuk meningkatkan nilai PPH di desa, mengingat desa menjadi produsen pangan namun PPH nya rendah. Meskipun sebenarnya ini  juga harus lintas sektoral untuk bersinergis, karena akar masalah utamanya adalah “mungkin” masalah ekonomi.

PR terakhir adalah masih ada target peningkatan PPH 15% lagi untuk mencapai skor 95 % pada tahun 2015 nanti. Mari kita berkerja cermat, cerdas dan cantik demi kemajuan bangsa.......Bravo Petani..
Oleh Prasetyo Utomo, SP...PPL Kec. Grogol

2 komentar: